Belajar Java

September 13, 2015 in Uncategorized

Sejarah Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystem saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, “Tulis sekali, jalankan di mana pun“. Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.

 

Kelebihan dan Kekurangan Java dengan Bahasa Pemrograman Lain

 

Kunggulan Java yang pertama tentu saja multiplatform. Java dapat dijalankan dalam beberapa platform komputer dan sistem operasi yang berbeda. Hal ini sesuai dengan slogannya yangs udah dibahas sebelumnya. Yang kedua adalah OOP atau Object Oriented Programming. Java memiliki library yang lengkap. Library disini adalah sebuah kumpulan dari program yang disertakan dalam Java. Hal ini akan memudahkan pemrograman menjadi lebih mudah. Kelengkapan library semakin beragam jika ditambah dengan karya komunitas Java.

Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangan yang dimiliki oleh Java adalah pada satu slogannya, takni “Tulis sekali dan jalankan dimana saja” ternyata tidak sepenuhnya benar. Beberapa hal harus disesuaikan jika dijalankan pada platform yang berbeda. Misalnya untuk J2SE dengan platform SWT-AWT bridge tidak dapat berfungsi di Mac OS X. Kekurangan lainnya adalah kemudahan aplikasi Java didekompilasi. Dekompilasi adalah suatu proses membalikkan sebuah aplikasi menjadi kode sumbernya. Hal ini memungkinkan terjadi pada Java karena berupa bytecode yang menyimpan bahasa tingkat tinggi. Hal ini terjadi pula pada platform .NET dari Microsoft sehingga program yang dihasilkan mudah dibajak kodenya karena sulit untuk disembunyikan.

Perbedaan dan Keunggulan Java dengan Bahasa Pemrograman Lain.

Perbedaan Java VB Delphi
Bahasa Koding Bahasa Java (yang termasuk strong typed language) Dialek bahasa Basic Turunan dari bahasa Pascal
Aplikasi pada PC berbasis Semua OS Windows Windows
Kelebihan
  1. Sederhana
  2. Berorientasi Objek
  3. Terdistribusi
  4. Terterjemah
  5. Kuat
  6. Aman
  7. Netral
  8. Portable
  9. Multithreaded
  10. Dinamis
1. Cocok untuk pemula dan segala macam aplikasi

2. Mudah dioperasikan

 

1. Penulisan kodenya sangat mudah

2. Mudah mengubah tampilan program

3. cukup mudah untuk dipelajari

 

Kekurangan Programmer  harus melakukan banyak hal secara manual 1. Mudah di-crack dan dibongkar pasang

2. Mahal dibanding produk sejenis

1. Tidak ada skin bawaan dari delphi

2. Aplikasi yang dihasilkan berukuran besar (min 300 kb)

3. Fasilitasnya masih standart

IDE (Integrated Development Environment) Java mempunyai 2 platform yaitu :

– Java Virtual Machine (Java VM)

– Java Application Programming Interface (Java API)

 

Menggunakan model MDI (Multiple Document Interface) dengan jendela-jendela sebagai berikut:

–       Menu bar

–       Main Toolbar

–       Project

–       Form Designer

–       Toolbox (Pointer, PictureBox, Label, TextBox, Frame, CommandButton, CheckBox, OptionButton, ListBox, ComboBox, HSrollBar dan VSrollBar, Timer, Drive ListBox, Dir ListBox dan File ListBox, Shape & Line, Image, Data, OLE)

–       Code

–       Properties

–       Color Palette

–       Form Layout

Berisi jendela-jendela sebagai berikut: Menubar, Toolbar, Component

Palette, Form Designer, Code Explorer, Object Treeview dan Object Inspector

Tipe data –       Bilangan:

4 tipe integer (int, short, long, byte)

2 tipe floating point (float, double)

–       Karakter: char

–       Boolean

Byte, Boolean, Integer, Long, Single, Double, Currency, Decimal, Date, Object, String, Variant -Integer (Shortint,Smallint, Longint, Int64, Byte, Word)

-Real (Real48, Singlet, Double, Extended, Comp, Currency)

-String (Shortstring, Ansistring, Widestring)

Operator Aritmatika, Shift, Bitwise, Assignment, Kondisional Aritmatika, Komparasi, Logika, Like Aritmatika, Komparasi, Logika
Deklarasi Variabel –       Harus terdiri atas sedereten karakter unicode yang diawali oleh karekter huruf atau garis bawah. Unicode merupakan sistem pengkodean karakter yang dapat dibaca oleh berbagai bahasa manusia (Jepang, Yunani, Cyrillic, dan Hebrew). ASCII hanya terbatas pada karkter latin.

–       Tidak boleh berupa keyword (kata yang dicadangkan), null, atau literatur true/false.

–       Harus unik dalam suatu scope

Visual Basic memungkinkan kita untuk menggunakan variabel tanpa deklarasi. Tetapi hal ini kurang baik untuk program yang terstruktur dan menghindari kesalahan pengolahan yang diakibatkan oleh kesalahan dalam pengetikkan nama variabel. Agar setiap variabel yang digunakan harus dideklarasikan, dapat digunakan perintah : Option Explicit pada setiap awal module, atau pada menu Tools, pilih Option, pilih tab Editor, buat tanda check pada Require Variable Declaration.

Deklarasi variabel pada Visual Basic dapat dilakukan dengan Keyword: Public, Private, Dim, Static sesuai penggunaannya.

  1. Harus dimulai dengan karakter alfabet (huruf).
  2. Harus unique (tidak boleh ada yang sama) pada ruang lingkup (scope) variable yang sama.
  3. Maksimum 255 karakter, tetapi hanya 40 karakter pertama yang dianggap sebagai nama variabelnya (karakter ke-41 dan seterusnya diabaikan).
  4. Beberapa karakter tidak diperbolehkan dipakai, misalnya karakter yang dipakai untuk operator (+, -, *, /, <, >, dan lain-lain).

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar